Tuesday, August 17, 2010

Ringkasan Film Remember Me


Judul: REMEMBER ME
Sutradara: Allen Coulter
Skenario: Will Fetters
Pemain: Robert Pattinson, Emily de Ravin, Pierce Brosnan




Ternyata Robert Pattinson dan Kristen Stewart menjadi aktor yang sesungguhnya di luar film-fil Twilight Saga (Twilight, New Moon dan Eclipse). Mungkin film Remember Me bukan film terdahsyat di dunia, tetapi paling tidak masih bisa memperlihatkan Pattinson sebetulnya mempunyai kemampuan akting dengan spektrum yang luas.

Film Remember Me dimulai dengan peristiwa tewasnya seorang ibu dalam sebuah peristiwa perampokan di stasiun bawah tanah. Sang gadis kecil yang menjadi saksi kematian ibunya itu adalah Ally yang kemudian kita kenal belasan tahun kemudian sebagai gadis cantik yang menyimpan trauma. Ally (Emilie de Ravin) bertemu dengan Taylor (Robert Pattinson) di kampus. Seorang pemuda tampan, berantakan, yang mengisi hidup dengan komentar sarkastik dan sebungkus rokok. Sarkasme itu berakar dari tingkah ayahnya (Pierce Brosnan) seorang pengacara sukses yang dingin dan berjarak dengan anak-anaknya. Belakangan, perlahan dari hubungan cinta Ally dan Taylor, terungkap bahwa Taylor mempunyai abang lelaki yang bunuh diri, yang membuat keluarganya pecah berantakan.

Film ini sebetulnya mempunyai potensi ledakan yang dahsyat, karena penulis skenario Will Fetters dan sutradara Allen Coulter mencoba memberi latarbelakang setiap karakter yang membangun sosok mereka. Untuk beberapa saat kita mulai yakin bahwa Robert Pattinson yang kita skasikan adalah seorang vampire yang cuma bisa gelisah hanya karena dia tak bisa berhubungan seks dengan kekasihnya. Di sini, dia seorang lelaki yang tengah menggocoh ayahnya. Untuk beberapa saat pula, sosok Taylor sempat merebut simpati penonton karena dia sungguh mencintai adik perempuannya yang tertindas.

Tetapi kompeksitas hubungan Taylor dan Ally—yang tentu saja tak bisa saya ungkap di sini, karena penonton nampaknya selalu gemar kejutan—ditumpuk lagi dengan akhir film yang memaksa diri menggelantung pada sebuah tragedi dunia di New York yang tak akan pernah dilupakan umat manusia. Mengapa, mengapa Allen Coulter harus merasa perlu menambah seluruh tragedi yang sudah begitu beruntun dengan satu gebugan akhir yang dipaksakan?

Bagaimanapun, film ini dan film The Runaways (di mana Kristen Stewart tampil sebagai gitaris rocker Joan Jett) menunjukkan kedua aktor itu sebaiknya cepat-cepat meninggalkan dunia Twilight. Ini penting, agar mereka bisa menunjukkan bahwa seni peran mereka bukan hanya terdiri dari wajah dukalara dan resah gelisah.

(Dari Koran TEMPO Edisi 23 Juli 2010)