Monday, October 25, 2010

Nokia N8 : Ponsel Pintar Pertama Dengan Konektifitas HDTV

Akhirnya setelah lama ditungggu-tunggu Nokia N8, ponsel pintar terbaru dari Nokia akan segera tersedia di pasar setelah sebelumnya secara resmi diluncurkan oleh produsen ponsel nomor satu di dunia asal Finlandia tersebut. Ditengah gempuran ponsel pintar berbasis Android, Blackberry dan iPhone, Nokia N8 hadir dengan fitur-fitur yang banyak tidak ditemukan di ponsel pintar sainganya seperti kamera dengan resolusi 12 megapixel, kemampuan untuk menonton siaran televisi secara streaming (Siaran TV dengan kualitas digital bukan seperti TV analog yang dijumpai di HP -HP buatan China , dan konektivitas dengan media HD (High Definition). Fitur konektifitas ke media HD ini yang merupakan fitur unggulan yang memungkinkan anda untuk merekam video dengan kualitas HD 720p dan menikmatinya dalam layar HDTV yang terhubung dengan Nokia N8.

Fitur High Definition (HD):

N8 merupakan satu-satunya ponsel pintar yang dilengkapi oleh kabel HDMI yang berfungsi sebagai penghubung antara ponsel dengan media HD seperti BluRay player, televisi HD dan home theater, sehingga anda bisa menikmati video hasil rekaman anda , video dan musik yang disimpan dalam memory card dan menampilkanya di HDTV dengan kualitas dan resolusi tinggi, fitur yang tidak bisa anda ditemukan di ponsel pintar lain.
Ponsel ini juga dapat terhubung dengan home theater dan menampilkan musik dan film favorit anda yang kompatible dengan system suara jernih karena dilengkapi oleh teknologi Dolby Digital plus.

Yang lebih menggembirakan Nokia N8 akan dilepas dipasaran dengan harga dibawah 5 juta rupiah, dibawah harga smartphone lain dengan fitur yang kurang lebih sama atau dibawahnya dan akan secara resmi tersedia di pasar pada tanggal 1 November 2010, walaupun sebenarnya Nokia telah melakukan penjualan melalui pemesanan lewat internet. Pre-order lewat internet ini sangat disambut antusias oleh konsumen dari berbagai belahan negara, sehingga hanya dalam jangka waktu beberapa hari Nokia N8 ini sudah ludes terjual.

Kamera 12 Mega pixel.

Nokia N8 mengusung sistem operasi versi terbaru dari Symbian, yaitu Symbian versi 3 dan mendukung fitur-fitur ungggulan seperti multi tasking (bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan), kamera dengan resolusi 12 mega pixel dengan Xenon Flash dan Optik dari Carl Zeiss yang memungkinkan anda untuk merekam video dengan kualitas HD dengan resolusi 720p.

Konsumen juga akan mempunya akses ke layanan OVI musik untuk mengunduh ribuan musik lokal maupun mancanegara secara gratis atau tidak bayar selama satu tahun. Lagu-lagu yang diunduh akan tersimpan selamanya di memory card atau disimpan di PC/ laptop yang sebelumnya didaftarkan terlebih dahulu. Konsumen juga akan dimanjakan dengan akses ke OVI store untuk mengunduh berbagai macam aplikasi dan games baik yang gratis atau yang berbayar.

Berikut rangkuman fitur-fitur unggulan Nokia N8:

  • Body terbuat dari bahan alumunium anti gores, tipis sehingga enak untuk ditenteng kemana-mana
  • Memiliki 3 halaman depan (homescreen), fitur yang sebelumnya telah tersedia di pendahulunya, yaitu nokia N97. Ikon-ikon dan widget dapat dengan mudah di kustomisasi dari layar ponsel dengan cara menggesernya dari halaman
  • Kamera beresolusi tinggi : N8 adalah ponsel yang didalamnya terdapat kamera dengan kemampuan terbaik diantara ponsel keluaran Nokia, dengan resolusi 12 megapixel, diklaim oleh vendor Finlandia ini sebagai paling tinggi di kelas ponsel pintar. Kamera ini dapat dipakai untuk merekam video HD dengan resolusi 720p, sehingga anda dapat merekam dengan kualitas warna yang tidak kalah dari hasil rekaman video oleh video recorder digital. Anda kemudian dapat menyimpan hasil rekaman video tersebut didalam memory card atau dapat memutarnya di layar televisi.
  • Kemampuan streaming TV, salah satu terobosan baru yang dibenamkan Nokia kedalam ponsel pintar ini adalah penggunanya bisa menonton siaran televisi secara online melalui akses internet (bukan seperti pada handphone TV China). Tentunya siaran televisi ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang tersambung ke jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi.
Spesifikasi Nokia N8:

Sistem operasi: Symbian^3
Memori: RAM 256 MB, ROM 512 MB, internal memori 16 GB, port micro SD yang mendukung hingga 32 GB
Layar: layar AMOLED sentuh kapasitif 3,5 inci
Baterai: 1200 mAh BL-4D
Kamera: 12 MP, Xenon flash, lensa Carl Zeiss, bisa merekam video HD 720p
Koneksi: WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 3.0, GPS, AGPS, micro USB, AV connector 3,5 mm, HSDPA/HSUPA 10,2 Mbps/2,0 Mbps.
Audio: Dolby Digital Plus

Nah penasaran khan? , tunggu saja tanggal tanggal 1 November 2010 ya dan bersiap lah untuk tercengang oleh Nokia N8.