Tuesday, November 3, 2009

HP Sony Ericsson Terbaru X10 Berbasis Android


Sony Ericsson akan meluncurkan ponsel andalan terbaru yang diberi nama X10. Ponsel pintar keluaran pabrikan Jepang-Swedia ini menggunakan sistem operasi Android dari Google dan dipasarkan sebagai produk ponsel kelas atas yang selama ini masih didominasi oleh iPhone dan Blackberry


Langkah Sony Ericsson ini sebelumnya telah diambil oleh Motorola yang meluncurkan ponsel pintar dengan sistem operasi Android, sebagai usaha untuk menaikkan pangsa pasar mereka yang terus-menerus digerogoti oleh produsen ponsel lain seperti Samsung dan LG di kelas umum serta pemain dominan baru di segmen kelas atas, terutama iPhone dan Blackberry.

The X10 yang rencanya akan diluncurkan kepasar pada awal tahun 2010 memiliki layar sentuh dengan lebar 4 inchi , dilengkapi kamera 8,1 megapiksel dan prosesor Snapdragon dari produsen Qualcomm.

Sony Ericsson baru saja meluncurkan "Sony Ericsson Satio" , handphone yang dilengkapi kamera 12 mega pixel, saat merupakan ponsel andalan produsen no 4 di dunia tersebut untuk pasar kelas menegah keatas

"Android's momentum terus dengan cepat dengan empat dari lima vendor teratas di dunia sekarang memiliki mengumumkan sebuah produk Android dan peta jalan," kata Shaun Collins, chief executive perusahaan riset Inggris CCS Insight.

Dari atas hanya vendor Nokia Oyj belum mengumumkan rencana apapun Android. Rugi-membuat Sony Ericsson, di dunia produsen ponsel terbesar keempat, telah menderita sejak 2008 dari kurangnya menarik model high-end dalam menawarkan, dan melihat secara keseluruhan penjualan kuartal ketiga menyusut 45 persen pada tahun ke tahun.


Namun telepon yang baru tidak akan dijual sampai awal tahun depan. Analis memperkirakan perusahaan untuk melaporkan kehilangan mendalam lagi pada tahun 2010, namun marjin kotor dan pangsa pasar terlihat ke atas.